Sabtu, 11 Maret 2017

Permainan Pramuka Seru 2

  PETANI DAN PENCURI

Peralatan          :  Karet gelang atau tali, kantong kacang, atau potongan kain atau agar kelihatan                                      sungguhan, sebuah apel.
Jumlah pemain :  bebas
Waktu               :  8-10 menit
Tujuan              :  Melatih kecepatan, unsur hiburan
Cara permainan: Anak-anak membentuk lingkaran dan seorang anak, yang jadi pencuri disuruh                                      keluar  ruangan. Selagi ia diluar, seorang anak ditunjuk sebagai petani. Sebuah                                      benda ditaruh di tengah lingkaran. Pencuri tadi datang dan berjalan diluar lingkaran.                            Ia boleh memasuki lingkaran dari mana saja dan mencuri benda itu. Petani harus                                 menangkapnya pada saat pencuri menyentuh benda tersebut. Pencuri itu harus lari                               keluar dari lingkaran lewat jalan masuk tadi dan ia selamat bila ia dapat keluar tanpa                           tertangkap. Bila ia tertangkap maka petani itu harus jadi pencuri dan dipilih petani                               baru.

Permainan Pramuka Seru 1

 REBUT DAN RAMPAS

Peralatan           :  Tongkat atau sapu lidi untuk tiap anak
Jumlah pemain  : Bebas
Waktu                :  10 menit
Tujuan               :  Melatih kecekatan & Melatih kesetiakawanan, unsur hiburan
Cara permainan : Semua anak membentuk lingkaran dengan jarak kira-kira 1 meter. Semakin ahli,                                   jaraknya dapat semakin jauh. Tiap anak memegang tongkatnya hingga berdiri tegak                             di lantai. Bila ada perintah “ya” tiap anak harus melepaskan tongkatnya dan cepat-                               cepat menangkap tongkat teman di sebelah kanannya. Bila tongkat itu sudah keburu                             jatuh, maka ia dikeluarkan.Permainan ini sangat menyenangkan dan dapat                                            bervariasi. Jarak antar anak dapat diperbesar bila anak-anak sudah mampu, perintah                              dapat berupa “kiri” atau “kanan”. Bila ingin permainan lebil lama, maka setelah                                    jatuh 3 kali baru dikeluarkan.

Tanda Jejak Pramuka

TANDA JEJAK

Tanda jejak adalah merupakan tanda yang dapat menandai dan menunjukkan suatu tempat, arah atau keadaan alam.Fungsi Tanda Jejak adalah sebagai alat yang menunjuk bagi pramuka pada kegiatan di alam bebas, sehingga dapat mengetahui kondisi alam yang sebenarnya.

Dalam pendidikan gerakan pramuka tanda jejak digunakan sebagai alat pendidikan yang menarik dan menantang. Sebagai alat pendidikan tanda jejak merupakan salah satu materi yang dibungkus dalam bentuk permainan (Wide game). Wide Game merupakan permainan penjelajahan di alam terbuka dalam bentuk mencari jejak (orienteenering) dengan menggunakan tanda-tanda jejak, memuat peta, mencatat berbagai situasi.

Tujuan : menumbuhkan kreatifitas, tanggungjawab, teliti dalam bertindak, jujur dalam memberaikan informasi, kerjasama, kewaspadaan dan dapat memanfaat konsisi alam dalam kehidupan.
Conton tanda jejak :